VISI DAN MISI DESA

Visi Desa Wisnu yaitu Desa yang Sehat, Cerdas, , Cerdas, Berdaya Saing dan berahlakul Karimah “.

Rumusan Visi tersebut merupakan suatu ungkapan dari niat yang luhur untuk memperbaiki dalam Penyelenggaraan Pemerintah dan Pelaksanaan Pembangunan di Desa Wisnu dapat berjalan dengan baik dan lancar secara individu maupaun kelembagaan. Sehingga nantinya 6 (enam) tahun kedepan Desa Wisnu mengalami suatu perubahan yang lebih baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilihat dari segi ekonomi dengan dilandasi semangat kebersamaan dalam Penyelenggaraan Pemerintah dan Pelaksanaan Pembangunan.

Berdasarkan visi yang telah ditetapkan tersebut, selanjutnya dijabarkan ke dalam misi untuk mewujudkan visi diatas dengan cara sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kinerja dan pelayanan aparat yang berkualitas, profesional dan berjiwa pelayanan prima.      Salah satu upaya yang dilakukan Desa Wisnu dalam hal tersebut diatas adalah dengan melaksanakan diklat dan pelatihan tenaga kepegawaian baik dalam keikutsertaannya pada kegiatan diklat/pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang maupun secara autodidak dengan peningkatan kedisiplinan dan peningkatan rasa tanggung jawab sebagai abdi masyarakat (pamong) yang dilakukan secara berkesinambungan oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa, sehingga diharapkan akan mampu menularkan keahlian dalam hal kepemimpinan dan keadministrasian yang handal dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu juga dilakukan penyaringan calon perangkat desa yang mampu dan loyal dalam bidang pekerjaannya masing-masing dengan kejelian melihat potensi sumber daya manusia yang berkualitas.
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana pemerintahan, kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi pertanian dan peternakan.                                                                                                                                                                     Dalam hal pemerintah perwujudannya berupa penataan ruangan pelayanan masyarakat dan melengkapi data-data dinding yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bidang kesehatan dengan merenovasi bangunan fisik puskesmas pembantu peningkatan pelayanan kesehatan dan juga peningkatan kegiatan Posyandu. Dalam bidang pendidikan akan dibangun sarana pendidikan Taman Kanak-Kanak, PAUD dan pembangunan gedung Madrasah Ibtidaiyah dan telah mengadakan pelatihan-pelatihan perekonomian (pelatihan penyuluhan pertanian, ternak kambing dll).
  3. Meningkatkan taraf hidup masyarakat.                                                                                                                      Dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat, di Desa Wisnu telah diadakan penyuluhan dan pelatihan usaha kecil menengah dan juga pelatihan agrobisnis untuk para petani dan peternak. Pengembangan kehidupan berkoperasi dengan menyediakan segala kebutuhan anggotanya dan pengelolaan yang akuntable.
  4. Kemandirian Desa.                                                                                                                                                           Mengupayakan perwujudan kemandirian desa dalam pelaksanaan otonomi asli dengan bertumpu pada                                     kemampuan dan potensi unggulan desa.
  5. Pemberdayaan dan Partisipasi Aktif.                                                                                                           Meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui partisipasi aktif dalam pembangunan maupun kegiatan ekonomi produktif. Penyelenggaraan penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan secara intensif oleh petugas-petugas penyuluh pertanian dan dibantu aparatur desa dalam rangka peningkatan produk-produk pertanian. Pelatihan keterampilan dan pengelolaan usaha kecil menegah yang ada di Desa Wisnu dilakukan oleh petugas dari Instansi di tingkat Kabupaten Pemalang yang dilaksanakan secara periodik. Pembentukan Kelompok Tani, ternak dan wiraswasta lainnya oleh anggota masyarakat terkoordinir dalam kegiatan Desa Terpadu.
  6. Meningkatkan ketertiban dan keamanan serta penghormatan terhadap supremasi hukum.            Pembangunan sarana siskampling di setiap RT dan pembuatan jadwal ronda secara bergilir oleh ketua RT setempat, Pendidikan dan Pelatihan aparat keamanan desa (Hansip dan Linmas) oleh Babinsa Kecamatan.
  7. Meningkatkan kualitas kehidupan beragama dengan Baling menghormati dan menjunjung tinggi semangat kekeluargaan.                                                                                                                                                           Pembangunan sarana dan prasarana fisik tempat ibadah agama Islam yang mayoritas (100%) dianut oleh masyarakat Desa Wisnu dengan pembangunan dan renovasi beberapa Masjid dan Mushola. Pembangunan sarana dan prasarana pendidikan agama Islam berupa renovasi dan pembangunan gedung MI dan Madrasah. Peningkatan peran aktif masyarakat dalam pendidikan agama Islam berupa berdirinya Taman Pendidikan Al-Qur’an. Pelaksanaan pengajian rutin setiap hari Jum’at yang dilaksanakan oleh Ibu-ibu Muslimat/Aisyiyah di Masjid dan Mushola secara bergiliran. Peran aktif dari Ustadz dan Ustadzah dalam kegiatan pengajian di Masjid dan Mushola serta terbentuknya kelompok-kelompok pengajian khusus perempuan/jama’ah tahlil laki-laki yang dilaksanakan secara rutin dan intensif seminggu sekali.